The Untold Story: Fokus Hal Bermakna, Bernilai Tambah, Solusi Win Win

Dok. Moderator dengan Rico Huang (2019) dalam Undip Entepreneur Festival di Undip Inn

Bermakna, satu kata berjuta makna bagiku untuk menterjemahkannya dalam pola berpikir, bertutur kata dan berperilaku di masyarakat. Sejak 2019 menjadi titik puncak untuk fokus pada 3 kata kunci tersebut untuk mempertegas prinsip hidupku diantaranya sebagai berikut,

1. Aktivitas Bermakna, segala sesuatu yang dilakukan dan perencanaan kedepan perlu memikirkan dampak dan keberlanjutannya. Dalam hal ini, aktivitas yang dilakukan tidak terpaku pada diri sendiri saja, melainkan juga memikirkan dampak positif kepada khalayak yang lebih luas.

2. Fokus pada Nilai Tambah, mengusahakan untuk setiap kegiatan baik secara langsung maupun tidak langsung memberikan dan menerima nilai tambah walaupun skalanya kecil pun seperti halnya pengetahuan, keterampilan baru bahkan hal lain bagi khalayak yang lebih luas.

3. Fokus pada Win Win Solution, berpikir untuk turut memenangkan pihak yang sedang diajak untuk berkolaborasi dengan memikirkan solusi win win dan terbaik bagi kedua belah pihak.

Mengapa aku melakukan ini?

Penting! bagiku untuk meluruskan antara visi dengan cara berpikir, bersikap dan berperilaku selama hidup. Setelah sekian lama sejak fase remaja hingga saat ini dalam rangka pencarian jati diri. Inilah fase dimana aku mengambil intisarinya.

Begitu banyak hal yang menakjubkan, membahagiakan, getir dan kebimbangan menghampiri. Namun disitulah kunci hidup bagiku untuk terus bersyukur atas setiap fase yang telah dilalui.

Jika dirunut, korelasi antara visi hidup yaitu bermanfaat bagi sesama melalui bidang yang dimiliki dengan 3 aktivitas kunci diatas, menjadi semakin mempertegas arah hidupku.

Bagiku, ketiga aktivitas kunci diatas yaitu bermakna, fokus pada nilai tambah dan fokus win win solution menjadi tantangan. Tantangan bagi diri untuk berpikir dan berbuat lebih, diatas standar diri pada beberapa bulan dan tahun kebelakang.

Apakah akan berhenti pada standar diri saja?

Aku rasa tidak, tantangan selanjutnya berada pada ketidakpastian situasi dan kondisi di lapangan. Mengingat hidup di tengah masyarakat yang multi kultur (heterogen) ini, tentu beradaptasi adalah kunci selanjutnya.

Berbicara adaptasi, menjadi lebih unik di benak bahwa saat ini aku memiliki kepribadian Ambivert. Secara umum Kepribadian Ambivert memiliki 2 jenis kepribadian dalam dirinya yaitu introvert dan ekstrovert. Berdasarkan tes kepribadian MBTI, menunjukan bahwa aku merupakan kategori ESTJ dengan fokus Executive Personality.

Memiliki dua kepribadian tersebut menjadi keberkahan dan tantangan tersendiri. Terlebih dalam berproses untuk menunjang aktivitas bermakna diataskan 😁


What's Next? Bagaimana Aku memulainya?


Berbicara memulainya, ini cukup menantang karena berkaitan dengan konsistensi dan daya diri untuk memberikan sesuatu yang lebih bagi lingkungan sekitar.

Well, mari kita mulai bagaimana aku akan memulainya ya!

1. Bertanggung jawab pada ketiga tujuan tersebut

Langkah pertama dengan bertanggung jawab atas purpose yang diambil. Apakah hal tersebut berisiko dan penuh banyak tantangan? Tentu, bagiku sangat menantang untuk mengambil langkah tersebut.

Bagian yang paling unik dari kacamataku yaitu untuk menganisirnya satu demi satu menjadi bait yang selaras. Terlebih hal ini juga menjadi satu kesatuan mulai dari beraktivitas yang memiliki makna, memberikan nilai tambah dan memiliki kandungan win win solution.

2. Ga harus banget dari aktivitas bermakna dalam skala besar, tapi mulai dari hal sederhana aja dulu


Seringkali berpikiran untuk menciptakan dampak positif dalam skala besar. Tapi tersadarkan akan kapasitas diri yang bukan 'Superman' ini hahaha 😁

Alhasil untuk lebih memilih melakukan melalui hal sederhana dulu, yang kemudian membentuk budaya yang kemudian dijadikan bekal untuk melakukan sesuatu yang berdampak lebih besar di masa mendatang.

Apakah alasanku diatas merupakan halusinasi? Tentu Tidak, pola yang aku yakini dan terapkan sejauh ini demikian dan lebih menyenangkan untuk terus dilakukan dengan memulai dengan hal sederhana dan bermakna.

3. Kolaborasi yang menyenangkan dan win win solution


Makin kesini, makin enjoy dengan aktivitas kolaborasi dalam hal apapun. Mengapa demikian? karena aku dapat mengetahui sudut pandang terhadap sesuatu hal dari rekan kolab kita.

Merawat kolaborasi itu yang akan jadi tantangan selanjutnya, mengingat ketidakpastian situasi dan kondisi di lapangan. Akan banyak hal-hal yang tidak terduga, diluar kemampuan diri dan tim yang akan silih berganti berdatangan.

Apakah akan jadi hambatan?

Menurutku, hal diatas tergantung seseorang dalam memandang dan menyikapinya. Jika dapat menyikapi dengan mindset positif maka juga akan tergiring ke solusi win win tentunya 😀

Lalu selanjutnya, bagaimana untuk menjadikannya sebagai aktivitas kolaborasi yang bermakna dan menyenangkan?

Menurutkua, titik kuncinya ada di penyetaraan frekuensi dan pendekatan ke rekan untuk mendapatkan titik poin tengah yang berimbang. Whoaa, ga mudah tapi pastinya seru kalo diulik sampe dapet titik nyaman buat saling ngertiin satu sama lain atas kondisi masing-masing sebagai individu dan tim.

Summary


Aku percaya bahwa yang pola hidup yang telah dibangun ini akan membawa ke sesuatu yang menakjubkan di masa mendatang. Ibarat kata 'investasi' di masa depan akan dipetik buahnya untuk lebih menikmati dan bersyukur atas pola hidup yang saat ini telah dianugerahkan.

Kuncinya balik lagi ke Bersyukur atas apapun, kadang liat keatas dan kadang liat kebawah. Kata simbah putri "sawang sinawang" 😊

Agar hidup lebih bermakna dan bermanfaat, inilah yang aku coba lakukan secara konsisten dan realitis 😁

Thankyou!

See ya in the next Ardian Dinar Pratama story!

Tags :

bm
Author: Ardian Dinar Pratama

Seorang praktisi branding dan marketing communication yang telah membantu berbagai brand untuk bertumbuh melalui program terintegrasi dan berkelanjutan

Posting Komentar

Mari budayakan berdiskusi dan berkomentar dengan baik

Connect